Sabtu, 03 Maret 2012

Tips Merawat Karburator Sepeda Motor

karbulator motor thunder 125Tips Merawat Karburator Sepeda Motor - Walaupun saya selaku admin BLOGNYA SI IMIN sama sekali tidak mengetahui komponen-komponen dalam sepeda motor, tapi informasi ini mungkin bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Karburator merupakan komponen kendaraan bermotor yang sangat vital bagi kendaraan anda. Jika perawatannya tidak rutin, maka besar kemungkinan kendaraan anda akan rewel saat anda kendaraai. Banyak faktor kenapa jarang sekali kita merawat komponen tersebut (servis), mulai dari faktor kondisi maupun faktor biaya. 

Membersihkan filter udara atau penampung debu. Lepaskan filter udara yang terpasang pada mulut karburator, lepas busa filter lalu bersihkan menggunakan air kemudian semprot dengan angin.Ingat…..!!!, jangan menggunakan tekanan angin terlalu tinggi karna akan dapat merusak busa tersebut.

Membersihkan karburator. Buka karburator dengan cara melepas baut-bauyang menyambungkan sisi kepala dan tabung karburator, tutup karburator, katup cuk (choke) dan kran bensin. Agar lebih aman, gunakanlah kunci dan obeng yang sesuai agarkomponen – komponen tersebut tidak gampang rusak. Lepaslah komponen-komponen karburator tersebut lalu tempatkan dalam wadah yang berisi cairan pembersih, (kalo enggak ada pake bensin juga bisa). Kemudian bersihkan bagian karburator menggunakan kuas.

Setelah bersih, pasang kembali komponen yang tadi anda lepasakan.Jangan lupa,kencangkan baut yang menyambungkan antara sisi kepala karburator dengan tabung penampung bensunnya agar penampungan bensin tidak bocor dan mengakibatkan bahaya.

Merakit karburator. Pasangl kembali bagian-bagian karburator yang tadi anda lepas. Rakitlah karburator dan filter udara dengan dipasangkan kembali pada lubang mesin. Lalu setelukuran gas dalam keadaan mesin hidup. Jangan terlalu tinggi dan jangan pula terlalu rendah, usahakan sesuai standar agar ideal dan nyaman ketika anda gunakan.

Semoga Bermanfaat ^^

sumber: http://tubanakbar.com/tips-merawat-karburator-sepeda-motor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar