Jumat, 30 November 2012

Motivasi: Hargailah Waktu

Motivasi: Hargailah Waktu
Waktu
Motivasi: Hargailah Waktu - Malam hari ini BLOGNYA SI IMIN akan memposting tentang motivasi. Dan motivasi malam ini akan membahas tentang waktu atau lebih tepatnya tentang menghargai waktu. Sebelumnya ada pertanyaan yang masih mengganjal dari diri saya kepada para pembaca sekalian. Kenapa sih kita harus menghargai waktu? Ada yang tahu? Mungkin jawabannya adalah karena waktu kemarin yang telah kita nikmati takkan terulang lagi pada hari ini, sementara besok kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Tanpa sadar, terkadang kita juga merasakan bahwa hari-hari berlalu begitu saja, bahkan seolah tanpa ada perubahan, semua monoton, bangun pagi, baca koran, pergi kerja dengan kemacetan, bekerja, makan siang, pulang dengan kemacetan lagi, nonton televisi dan atau langsung tidur, atau kegiatan lain yang sama dan begitu seterusnya sehingga tak jarang kita merasa melewati keadaan yang sama dari waktu ke waktu. Jika itu yang kita rasakan, sebenarnya kita sedang terjebak dalam rutinitas keseharian yang menjemukan. Dan bila itu dibiarkan terus menerus, maka sebenarnya kita sudah termasuk orang yang merugi. Karena itu sudah saatnya kita memperbaiki diri untuk menghargai waktu dengan meningkatkan kualitas dan kapasitas kemampuan dengan mengisi hari agar jauh lebih berarti.

Disamping itu ada satu hal yang pasti di dunia ini, bahwa setiap yang hidup, akan menuju ke kematian. Entah besok,lusa, atau suatu saat nanti. Kematian akan datang tanpa bisa ditunda lagi. Jika sudah saatnya tiba, tak kan ada satu pun yang bisa mencegah kita dari maut yang menjemput. Sebab, kematian adalah hak mutlak Yang Kuasa. karenanya, sungguh beruntung orang yang bisa memanfaatkan waktu sebelum mati, untuk berbuat yang terbaik dalam hidupnya.

Denqan kesadaran akan kematian yang pasti menjemput, seharusnya kita mampu membangkitkan semangat untuk selalu memanfaatkan waktu semaksimal mungkin. Sebab, waktu takkan berulang, kesempatan mungkin juga hanya datang satu kali. Jadi jangan sia-siakan waktu, karena itu semua hanya akan melahirkan penyesalan semata.

Sungguh, hidup ini akan jauh lebih berarti jika kita bisa menghargai waktu dengan memberikan kemampuan terbaik untuk menghasilkan prestasi-prestasi yang berguna bagi diri sendiri, maupun bagi orang lain. Kembangkan potensi diri untuk bermanfaat bagi orang lain.

Maka, dalam setiap kesempatan yang ada, di saat waktu masih tersisa, kita dedikasikan diri untuk selalu melakukan yang terbaik, bagi diri sendiri, maupun orang lain. Dengan mampu bertanggung jawab atas kehidupan sendiri, terlebih jika bermanfaat bagi orang lain, niscaya, tiap hari yang kita jalani dapat menjadi hari yang penuh gairah, optimis, dan dinamis.

Dengan demikian kita harus merasakan bahwa setiap hari adalah hari yang baru, hari yang berbeda dari kemarin. Setiap hari adalah kenyataan baru yang harus kita syukuri dengan membuatnya penuh makna. Hari ini boleh jadi mirip dengan hari kemarin. Tetapi, hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. Karena itu jika kita melakukan kesalahan pada hari kemarin, hari ini juga harus segera kita koreksi. Jika kita telah melakukan kebaikan di hari kemarin, hari ini harus lebih banyak lagi kebaikan yang kita sebarkan.

Berjalannya waktu, takkan pernah terulang. Tak ada guna menyesali waktu kemarin yang telah pergi. Sebab kita hidup pada hari ini. Untuk itu, mari mengisi hari baru kita dengan semangat yang menyala untuk membuat hari esok menjadi hari yang lebih baik dari ini. Tak perlu bersedih berpisah dengan hari kemarin, jangan pula merasa resah dengan kegagalan yang telah lalu, sebab kita bisa memperbaikinya hari ini. Jangan biarkan hari ini hanya menguap begitu saja tanpa arti.

Semoga Bermanfaat ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar